Skip to content
My Blog
Menu
  • Sample Page
Menu
Segera ikuti pelatihan dan training bersama Konsultasi Pelatihan Indonesia yang menyediakan layanan training bagus, terbaik, termurah, fasilitas lengkap dan akomodasi aman untuk pengembangan kompetensi untuk organisasi dan individu di Indonesia.

TRAINING RETAIL BANKING PRODUCT DEVELOPMENT

Posted on December 14, 2025

Table of Contents

Toggle
  • Retail Banking Product Development
    • Deskripsi Pelatihan Retail Banking Product Development
    • Tujuan Pelatihan Retail Banking Product Development
    • Materi Pelatihan Retail Banking Product Development
    • Metode Pelatihan Retail Banking Product Development
    • Jadwal Informasi Training Perbankan Konsultan Pelatihan Indonesia Tahun 2026
    • Lokasi Pelatihan
    • Fasilitas Lengkap, Manfaat dan Benefit untuk Peserta Pelatihan
    • FAQ (Pertanyaan Umum Terkait Pelatihan dengan Konsultan Pelatihan Indonesia)
    • Catatan Penting Terkait Pelatihan Bersama Konsultan Pelatihan Indonesia
    • Beberapa Klien Kami yang Sudah Mengikuti Pelatihan

Retail Banking Product Development

Deskripsi Pelatihan Retail Banking Product Development

Di pasar perbankan ritel yang sangat kompetitif dan dipenuhi inovasi Fintech, merancang produk yang benar-benar memenuhi kebutuhan nasabah dan menguntungkan bank adalah kunci diferensiasi dan pertumbuhan, sehingga penguasaan metodologi pengembangan produk yang agile dan customer-centric menjadi keahlian yang harus dimiliki oleh setiap manajer produk. Pelatihan Customer-Centric Product Innovation ini secara mendalam membekali para Product Manager, Business Development Specialist, Marketing Manager, Retail Banking Heads, dan Digital Strategy Teams dengan metodologi teruji untuk secara efektif mengidentifikasi celah pasar, merancang proposisi nilai unik (Unique Selling Proposition-USP) untuk produk simpanan, pinjaman, dan layanan digital, dan mengelola seluruh siklus hidup produk (PLC) dari ide hingga peluncuran.

Bahkan, riset global dari Bain & Company dan studi inovasi perbankan ritel secara konsisten membuktikan bahwa bank-bank yang menerapkan Design Thinking dan metodologi Agile dalam pengembangan produk memiliki time-to-market yang lebih cepat dan tingkat adopsi produk baru yang lebih tinggi. Sebagai contoh, studi menunjukkan bahwa personalisasi produk pinjaman yang didukung oleh analisis Big Data dapat meningkatkan tingkat respons nasabah hingga 4 kali lipat, sebab produk yang ditawarkan sangat relevan dengan profil risiko dan kebutuhan individu.

Dengan demikian, kami merancang kurikulum ini agar Anda tidak hanya memiliki ide produk, tetapi juga mampu secara nyata melakukan analisis kelayakan finansial produk baru (misalnya Net Present Value dan Break-Even Point), kemudian berkolaborasi secara efektif dengan tim IT, Risk, Compliance, dan Marketing selama proses stage-gate, dan merancang Business Requirement Document (BRD) yang jelas dan terstruktur. Anda akan segera mampu memimpin inisiatif inovasi produk ritel yang berdampak, lalu memanfaatkan product management knowledge ini untuk memastikan produk Anda tidak hanya diluncurkan, tetapi juga sukses dan menguntungkan di pasar. Pelatihan ini jelas memberikan bekal untuk menjadi Product Champion di Retail Banking, mampu mendorong pertumbuhan bank melalui inovasi produk yang unggul.

Tujuan Pelatihan Retail Banking Product Development

  1. Menginternalisasi Peran Product Management dan Siklus Hidup Produk (PLC) Retail Banking. Pertama-tama, peserta akan mengembangkan pemahaman struktural tentang fungsi Product Manager (PM) sebagai ‘CEO’ produk, terutama dengan menguasai tahapan Product Life Cycle (PLC) dari ideasi hingga retirement, selanjutnya memahami bagaimana portofolio produk ritel berkontribusi pada strategi bank.

  2. Menguasai Metodologi Customer-Centricity, Design Thinking, dan Riset Pasar. Kedua, peserta secara aktif akan mempelajari langkah-langkah untuk melakukan pemetaan Customer Journey dan Pain Points, di mana mereka dapat menerapkan prinsip Design Thinking untuk ideasi solusi, dan menggunakan data pasar dan kompetitor untuk menentukan proposisi nilai yang unik.

  3. Menerapkan Analisis Kelayakan Finansial Produk Baru dan Pricing Strategy. Berikutnya, pelatihan ini mendorong peserta untuk menguasai metode menghitung profitability produk (NIM, ROA, IRR), dengan demikian mereka dapat merancang struktur harga (suku bunga, biaya, fee) yang kompetitif dan menguntungkan, dan melakukan analisis break-even dan sensitivity analysis produk.

  4. Mengelola Go-to-Market Strategy, Peluncuran, dan Post-Launch Monitoring. Terakhir, peserta akan mengerti cara menyusun Business Requirement Document (BRD) dan berkolaborasi dengan IT/Legal/Compliance, sehingga mampu merancang go-to-market strategy dan kampanye pemasaran yang terintegrasi, dan menggunakan Key Performance Indicators (KPI) untuk memantau kinerja produk pasca-peluncuran.

Materi Pelatihan Retail Banking Product Development

  1. Strategi Retail Banking dan Peran Inovasi Produk. Pertama, kami membahas secara menyeluruh tren di Retail Banking (misalnya digitalisasi dan personalization), meliputi segmentasi pasar ritel dan penentuan target nasabah, serta struktur portofolio produk (Deposits, Loans, Services).

  2. Ideasi Produk Baru dan Metodologi Customer-Centric (Design Thinking). Kedua, peserta akan mendalami teknik brainstorming dan sesi ideasi, termasuk praktik untuk memvalidasi konsep produk melalui Focus Group Discussion (FGD) dan survei, serta penggunaan Business Model Canvas untuk produk baru.

  3. Struktur Produk Ritel Inti: Simpanan, Pinjaman, dan Jasa. Selanjutnya, materi ini fokus pada elemen kunci produk simpanan (fitur, bunga, biaya), kemudian mencakup analisis dan struktur produk pinjaman (KPR, KTA, Credit Card), dan desain layanan nilai tambah digital.

  4. Financial Modeling, Pricing, dan Profitability Analysis Produk. Kemudian, pelatihan ini mencakup aspek cara memodelkan proyeksi biaya dan pendapatan produk baru, mulai dari analisis sensitivitas pricing terhadap permintaan pasar, hingga perhitungan Risk-Adjusted Return on Capital (RAROC) produk.

  5. Product Development Process (PDP) dan Stakeholder Management. Berikutnya, peserta mempelajari cara memimpin tim cross-functional (IT, Legal, Risk), serta teknik untuk menyusun Product Specification dan BRD yang efektif, dan mengelola testing dan soft launch produk baru.

  6. Pemasaran Produk, Channel Strategy, dan Performance Monitoring. Terakhir, kami membahas secara komprehensif integrasi omnichannel (cabang, mobile banking, ATM), sehingga mampu merancang launch campaign dan promotional mix, dan menganalisis data post-launch (misalnya tingkat churn dan cross-selling).

Metode Pelatihan Retail Banking Product Development

  1. Kami menyelenggarakan pelatihan selama dua (2) hari, dimulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 setiap harinya. Selama sesi berlangsung, tim trainer secara aktif menyampaikan materi melalui kombinasi 20 % pemaparan teori, 20% diskusi pembahasan studi kasus dan 60 % praktik langsung.
  2. Setelah penyampaian materi, kami langsung melaksanakan pre-test dan post-test guna mengukur tingkat pemahaman peserta secara objektif.
  3. Selain itu, kami juga menyesuaikan durasi pelatihan dan kebutuhan teknis lainnya berdasarkan permintaan dari perusahaan atau peserta, sehingga pelatihan menjadi lebih relevan dan berdampak.
  4. Sepanjang pelatihan, kami secara aktif mendorong keterlibatan peserta dengan menyajikan materi secara interaktif. Kami pun mengajak peserta berdiskusi, baik dalam kelompok kecil maupun besar.
  5. Selanjutnya, kami memberikan studi kasus kepada peserta, dan meminta mereka untuk mempresentasikan hasil analisisnya di hadapan peserta lainnya, sehingga terjadi proses belajar yang kolaboratif dan menyeluruh.

Jadwal Informasi Training Perbankan Konsultan Pelatihan Indonesia Tahun 2026

Segera ikuti pelatihan dan training bersama Konsultasi Pelatihan Indonesia yang menyediakan layanan training bagus, terbaik, termurah, fasilitas lengkap dan akomodasi aman untuk pengembangan kompetensi untuk organisasi dan individu di Indonesia.

Berikut adalah jadwal pelatihan yang telah kami susun untuk tahun 2026:

  • Training Bulan Januari : 15 – 16 Januari 2026
  • Training Bulan Januari : 20 – 21 Januari 2026
  • Training Bulan Februari : 16 – 17 Februari 2026
  • Training Bulan Februari : 22 – 23 Februari 2026
  • Training Bulan Maret : 07 – 08 Maret 2026
  • Training Bulan Maret : 12 – 13 Maret 2026
  • Training Bulan Maret : 20 – 21 Maret 2026
  • Training Bulan Maret : 25 – 26 Maret 2026

💡 Catatan:

  1. Jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebutuhan peserta. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan reservasi hotel atau pembelian tiket perjalanan, kami mohon agar peserta terlebih dahulu menghubungi tim marketing kami.
  2. Jika peserta memesan tiket tanpa konfirmasi tertulis (melalui Confirmation Letter), maka kami tidak dapat bertanggung jawab atas perubahan jadwal yang terjadi.

Lokasi Pelatihan

Pelatihan Reguler (Tatap Muka)
Kami mengadakan pelatihan di beberapa kota besar dengan pilihan lokasi sebagai berikut:

  • Jakarta – Hotel Amaris Kemang (Rp 6.000.000 / peserta)
  • Bandung – Hotel Neo Dipatiukur (Rp 6.500.000 / peserta)
  • Yogyakarta – Hotel Ibis Malioboro (Rp 6.500.000 / peserta)
  • Bali – Hotel Ibis Kuta (Rp 7.500.000 / peserta)
  • Surabaya – Midtown Hotel Surabaya (Rp 6.500.000 / peserta)

💬 Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan (negotiable).

Online Training
Kami juga menyelenggarakan pelatihan secara daring (online) melalui platform Zoom untuk memudahkan peserta dari berbagai wilayah.

Inhouse Training
Jika perusahaan ingin menyelenggarakan pelatihan di lokasi internal, kami siap menyesuaikan anggaran dan kurikulum pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas perusahaan.

Fasilitas Lengkap, Manfaat dan Benefit untuk Peserta Pelatihan

Untuk memberikan pengalaman belajar yang optimal, kami menyediakan berbagai fasilitas lengkap, manfaat dan benefit untuk peserta pelatihan, antara lain:

  1. Module atau Handout Materi Pelatihan
  2. GRATIS Training KIT (Dokumentasi, Blocknote, ATK, dan lain-lain)
  3. GRATIS Souvenir Eksklusif (Tas, Handbag, Goodie Bag, atau lain-lain)
  4. Sertifikat Pelatihan
  5. Coffee Break dan Lunch atau Dinner
  6. Trainer yang Kompeten dan Berpengalaman
  7. Ruang Pelatihan yang Nyaman dengan Proyektor dan Sound System yang Jernih
  8. GRATIS Layanan Akomodasi Aman (Transportasi atau Penginapan) Sesuai Request
  9. Ice Breaking yang Interaktif dan Membangun Energi

FAQ (Pertanyaan Umum Terkait Pelatihan dengan Konsultan Pelatihan Indonesia)

Siapa saja yang dapat mengikuti pelatihan ini?
Kami membuka pelatihan ini untuk karyawan internal perusahaan, masyarakat umum, mahasiswa, maupun profesional yang sesuai dengan kriteria kami.

Apakah pelatihan ini bersertifikat?
Ya, kami memberikan sertifikat resmi kepada peserta yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan memenuhi syarat kelulusan.

Berapa lama durasi pelatihan?
Rata-rata, pelatihan berlangsung selama 2–3 hari. Namun, kami dapat menyelenggarakan pelatihan 1 hari dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan permintaan perusahaan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti pelatihan?
Kami menyarankan peserta untuk membawa alat tulis, laptop, dokumen pendukung, dan jika tersedia, mempelajari materi pendahuluan.

Di kota mana saja pelatihan ini diselenggarakan?
Kami menyelenggarakan pelatihan di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Lombok. Selain itu, kami juga siap mengadakan pelatihan di luar negeri, seperti di Malaysia dan Singapura.

Apakah bisa menyelenggarakan pelatihan di kota lain?
Bisa, kami dapat menyelenggarakan pelatihan juga di kota lain dengan kuota minimal 5 orang di setiap kelas pelatihan.

Apakah tersedia evaluasi selama pelatihan?
Tentu saja. Jika perusahaan menghendaki, kami dapat menyelenggarakan evaluasi dalam bentuk pre-test dan post-test untuk mengukur perkembangan peserta.

Apakah pelatihan tersedia dalam format online atau hybrid?
Ya, kami menyediakan pelatihan dalam format online, tatap muka, maupun hybrid, sesuai kebutuhan peserta. Kami juga memberikan opsi inhouse training yang fleksibel bagi perusahaan.

Siapa yang menjadi pemateri dalam pelatihan ini?
Kami menghadirkan trainer yang berpengalaman, kompeten, dan ahli di bidangnya, yang siap berbagi praktik terbaik dan pengetahuan aplikatif selama pelatihan.

Catatan Penting Terkait Pelatihan Bersama Konsultan Pelatihan Indonesia

💡Catatan Penting:
Karena silabus, materi, lokasi, dan jadwal pelatihan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai permintaan, kami mohon peserta untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan komunikasi.

Silakan hubungi tim kami untuk konsultasi gratis, dan jangan lewatkan penawaran menarik untuk setiap pendaftaran pelatihan di bulan ini!

Beberapa Klien Kami yang Sudah Mengikuti Pelatihan

  • KPPA Kratos Communication
  • PT. Newport Marine Service Tbk (MNA INA)
  • BUMN (PT. Angkasa Pura I dan PT. Askrindo: Asuransi Kredit Indonesia)
  • PT. Donggi Senoro LNG (DSNLG)
  • PT. Asahimas Chemical (ASC)
  • Online Individual Training

Artikel Training ini diedit oleh Fauzy Husni sebagai Content Writer Specialist. Tim Konsultasi Pelatihan Indonesia di bidang Pelatihan dan Training yang menyediakan layanan training bagus, terbaik, termurah, fasilitas lengkap dan akomodasi aman untuk pengembangan kompetensi untuk organisasi dan individu di Indonesia.

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

  • PELATIHAN CYBERSECURITY FOR BANKING PROFESSIONALS
  • TRAINING RETAIL BANKING PRODUCT DEVELOPMENT
  • TRAINING OPERATIONAL RISK MANAGEMENT IN BANKING
  • TRAINING ANTI-MONEY LAUNDERING (AML) AND CFT COMPLIANCE
  • TRAINING CREDIT ANALYSIS AND LOAN STRUCTURING MASTERCLASS

Recent Comments

No comments to show.

Archives

  • December 2025
  • November 2025

Categories

  • Agile/Scrum
  • Analisis Threat Intelligence
  • Anti-Money Laundering (AML)
  • Artificial Intelligence (AI)
  • Asset-Liability Management (ALM)
  • Basel Accords
  • Basel III
  • Big Data & AI di Keuangan
  • Business Continuity Planning (BCP)
  • Business Intelligence (BI)
  • Cash Flow Forecasting
  • Compliance
  • Core Banking Modernization
  • Corporate Banking
  • Corporate Credit Analysis
  • Counter-Financing of Terrorism (CFT)
  • Credit Analysis
  • Credit Risk
  • Credit Scoring
  • Customer Due Diligence (CDD)
  • Customer Experience (CX)
  • Customer Journey Mapping
  • Customer Segmentation
  • Cyber Security
  • Data Analytics
  • Data Governance
  • Data Science
  • Design Thinking
  • Digital Banking
  • Digital Risk Management
  • Financial Crime
  • Financial Modeling
  • Financial Statement Analysis (FSA)
  • Fintech & Open Banking
  • Green & Social Bonds
  • Identity and Access Management (IAM)
  • Incident Response
  • Integrasi ESG
  • IT Resilience
  • IT Risk Management
  • Keamanan Siber Perbankan
  • Kepatuhan OJK
  • Know Your Customer (KYC)
  • Liquidity Risk
  • Loan Portfolio Analysis
  • Loan Structuring
  • Manajemen Risiko Teknologi
  • Net Promoter Score (NPS)
  • Non-Performing Loan (NPL) Mitigation
  • Operational Risk
  • Predictive Modeling
  • Product Development
  • Product Management
  • Product Pricing Strategy
  • Regulatory Compliance
  • Relationship Management
  • Respons Insiden Keamanan
  • Retail Banking
  • Risiko Iklim (TCFD)
  • Risk and Control Self-Assessment (RCSA)
  • Service Design
  • Service Excellence
  • Sustainable Finance
  • Trade Finance
  • Transaction Monitoring
  • Treasury Management
©2025 My Blog | Design: Newspaperly WordPress Theme